3 Strategi Pemasaran Digital Versi Tokopedia
3 STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MARKETLLACE VERSI TOKOPEDIA
Bagi
teman-teman yang sering berbelanja online, pasti brand dari Tokopedia lah yang
masuk dalam list pertama toko online yang akan di kunjungi. Reputasi dari brand Tokopedia yang sangat popular
bahkan orang-orang yang newbie atau
yang belum pernah melakukan aktivitas berbelanja secara online pun banyak yang
sudah familiar dengan salah satu e-commerce
terkenal dan terbesar di Indonesia saat ini.
Selama
ini kita pasti berpikir bahkan sangat penasaran, seperti apa dan bagaimana iya kiranya
startegi pemasaran online yang dilakukan oleh brand Tokopedia sehingga dapat
menjadi sangat famous dan popular seperti saat ini. Perlu menjadi catatan bahwa
sampai saat ini Tokopedia masuk kedalam peringkat 1 kategori situs besar e-commerce terpoluler di Indonesia.
Lalu
apa saja strategi internet marketing yang dilakukan oleh Lazada sehingga dapat
menguasai sebagian besar pasar di Indonesia? Berikut adalah 3 strategi jenius
pemasaran online yang dilakukan oleh Tokopedia yang dikutip dari berbagai
sumber.
1. Promosi via Google Adwords
Para pebisnis online tentunya
sudah tak asing lagi dengan #Google
Adwords jikalau pemula ya tentu harus mencari tahu dulu hehe next…
Layanan periklanan milik Google ini memang salah satu media
pemasaran yang dapat diandalkan untuk promosi online. Iklan dari Google Adwords biasanya muncul pada
halaman hasil pencarian Google dan
juga iklan pada halaman website/blog
publisher Google Adsense sesuai dengan keywords
atau kata kunci serta topik tertentu yang sedang dicari oleh pengguna
internet. Nah inilah yang dimanfaatkan dengan baik tentunya oleh Tokopedia
untuk menjangkau lebih banyak lagi calon pelanggan yang tertarget. Beberapa waktu
belakangan ini saya mencoba mengetikan bebrapa kata kunci “beli tas”. Dan situs
yang pertama kali muncul adalah Tokopedia ini bukti nyata bahwa Tokopedia ‘menuasai’
kata kunci tersebut. ini baru satu kata kunci bre, jadi saya pribadi yakin
mereka juga mereka melakukan periklanan via Google
Adwords untuk ratusan bahkan ribuan kata kunci lainnya.
Kalau kita perhatikan penulusuran atau image diatas, sangat jelas hasil dari pencarian organik sebenarnya situs dari Tokopedia sudah berada pada posisi pertama #1. Tapi Tokopedia tetap memasangkan iklan Google Adwords, mungkin mereka tak ingin posisi teratas yang biasanya diisi oleh iklan diambil oleh situs lain. Jadi, tak heran lah kalau e-commerce ini bisa menguasai sebagian besar market Indonesia.
2. Situs Tokopedia memiliki kualitas
SEO yang optimal
Jikalau kita bicara terkait SEO (Search Engine Optimization) untuk situs e-commerce, maka Tokopedia adalah salah
satu pesaing yang sangat serius. Bagaimana tidak, berbagai kata kunci popular yang
tingkat pesaingnya sangat berat berhasil diemanngkan oleh situs ini di search engine Google. Beberapa kata
kunci popular yang dibidik oleh Tokopedia dan tingkat pencariannya cukup banyak
diantaranya adalah toko online, belanja online, jual tas, dan
jual pakaian dan masiih banyak lagi. Situs Tokopedia berhasil menempati
posisi yang sangat strategis di Google
saat ini. Bisa dibayangkan berapa trafik gratis yang didapatkan oleh situs
e-commerce ini dari search engine Google
setiap harinya. Ananda-ananda sekalian silahkan coba ketik kata kunci diatas
dipencarian google ananda lalu lihat situs yang pertama kali muncul sebagai
bukti nyata.
Gambar 2.
3. Tokopedia X BTS
Tokopedia berkolaborasi dengan
boyband asal korea selatan yakni BTS sebagai Brand Ambassador. Tokopedia memilh menggunakan strategi pemasaran
menggunakan Brand Ambassador BTS. Hal ini ternyata cukup menarik perhatian dan
membuat trending bebrapa waktu yang lalu. Banyak yang bertanya kenapa harus BTS
dan bukan artis atau grup band lain, inilah yang membuat rasa penasaran semakin
meningkat. Seperti yang diketahui dunia Kpop sedang naik daun dengan jumlah
fans yang sangat luar biasa dari berbagai Negara. Begitupun prestasi yang sudah
dimiliki sangat banyak dan memiliki dampak sangat baik. BTS pun pernah
menyampaikan pidato di forum dunia PBB dimana itu menjadi prestasi sungguh
membanggakan bagi anak muda.
Brand
Activation
merupakan bentuk strategi pemasaran Tokopedia BTS yang bertujuan mengenalkan
produk secara umum. Jadi, ada hubungan antara produk dengan konsumen umum
dimana ada banyak bentuk brand activation.
Strategi ini digunakan sesuai kebutuhan berdasarkan target konsumen sehingga
tepat pada sasaran.
Tokopedia sendiri lebih fokus ke promotion activation dengan menggunakan
media digital seperti Instagram dan Twitter. Menggunakan grup ini sebagai brand
ambassador menciptakan komunikasi antara Tokopedia dengan army. Contohnya mengikuti
kuis dengan hastag khusus dan
ternyata hal ini membuat antusias konsumen semakin melambung tinggi.
Gambar 3.
Demikian strategi dari brand Tokopedia, semoga bermanfaat.
SC : Google
Komentar
Posting Komentar