3 Strategi Pemasaran Digital Versi Tokopedia

 

3 STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MARKETLLACE VERSI TOKOPEDIA

 

Bagi teman-teman yang sering berbelanja online, pasti brand dari Tokopedia lah yang masuk dalam list pertama toko online yang akan di kunjungi.  Reputasi dari brand Tokopedia yang sangat popular bahkan orang-orang yang newbie atau yang belum pernah melakukan aktivitas berbelanja secara online pun banyak yang sudah familiar dengan salah satu e-commerce terkenal dan terbesar di Indonesia saat ini.

Selama ini kita pasti berpikir bahkan sangat penasaran, seperti apa dan bagaimana iya kiranya startegi pemasaran online yang dilakukan oleh brand Tokopedia sehingga dapat menjadi sangat famous dan popular seperti saat ini. Perlu menjadi catatan bahwa sampai saat ini Tokopedia masuk kedalam peringkat 1 kategori  situs besar e-commerce terpoluler di Indonesia.

Lalu apa saja strategi internet marketing yang dilakukan oleh Lazada sehingga dapat menguasai sebagian besar pasar di Indonesia? Berikut adalah 3 strategi jenius pemasaran online yang dilakukan oleh Tokopedia yang dikutip dari berbagai sumber.


 

1.      Promosi via Google Adwords

Para pebisnis online tentunya sudah tak asing lagi dengan #Google Adwords jikalau pemula ya tentu harus mencari tahu dulu hehe next…

Layanan periklanan milik Google ini memang salah satu media pemasaran yang dapat diandalkan untuk promosi online. Iklan dari Google Adwords biasanya muncul pada halaman hasil pencarian Google dan juga iklan pada halaman website/blog publisher Google Adsense sesuai dengan keywords atau kata kunci serta topik tertentu yang sedang dicari oleh pengguna internet. Nah inilah yang dimanfaatkan dengan baik tentunya oleh Tokopedia untuk menjangkau lebih banyak lagi calon pelanggan yang tertarget. Beberapa waktu belakangan ini saya mencoba mengetikan bebrapa kata kunci “beli tas”. Dan situs yang pertama kali muncul adalah Tokopedia ini bukti nyata bahwa Tokopedia ‘menuasai’ kata kunci tersebut. ini baru satu kata kunci bre, jadi saya pribadi yakin mereka juga mereka melakukan periklanan via Google Adwords untuk ratusan bahkan ribuan kata kunci lainnya.

 

 Gambar 1.                                                      


Kalau kita perhatikan penulusuran atau image diatas, sangat jelas hasil dari pencarian organik sebenarnya situs dari Tokopedia sudah berada pada posisi pertama #1. Tapi Tokopedia tetap memasangkan iklan Google Adwords, mungkin mereka tak ingin posisi teratas yang biasanya diisi oleh iklan diambil oleh situs lain. Jadi, tak heran lah kalau e-commerce ini bisa menguasai sebagian besar market Indonesia.

 

2.  Situs Tokopedia memiliki kualitas SEO yang optimal

Jikalau kita bicara terkait SEO (Search Engine Optimization) untuk situs e-commerce, maka Tokopedia adalah salah satu pesaing yang sangat serius. Bagaimana tidak, berbagai kata kunci popular yang tingkat pesaingnya sangat berat berhasil diemanngkan oleh situs ini di search engine Google. Beberapa kata kunci popular yang dibidik oleh Tokopedia dan tingkat pencariannya cukup banyak diantaranya adalah toko online, belanja online, jual tas, dan jual pakaian dan masiih banyak lagi. Situs Tokopedia berhasil menempati posisi yang sangat strategis di Google saat ini. Bisa dibayangkan berapa trafik gratis yang didapatkan oleh situs e-commerce ini dari search engine Google setiap harinya. Ananda-ananda sekalian silahkan coba ketik kata kunci diatas dipencarian google ananda lalu lihat situs yang pertama kali muncul sebagai bukti nyata.

 

 

Gambar 2.


3. Tokopedia X BTS

Tokopedia berkolaborasi dengan boyband asal korea selatan yakni BTS sebagai Brand Ambassador. Tokopedia memilh menggunakan strategi pemasaran menggunakan Brand Ambassador BTS. Hal ini ternyata cukup menarik perhatian dan membuat trending bebrapa waktu yang lalu. Banyak yang bertanya kenapa harus BTS dan bukan artis atau grup band lain, inilah yang membuat rasa penasaran semakin meningkat. Seperti yang diketahui dunia Kpop sedang naik daun dengan jumlah fans yang sangat luar biasa dari berbagai Negara. Begitupun prestasi yang sudah dimiliki sangat banyak dan memiliki dampak sangat baik. BTS pun pernah menyampaikan pidato di forum dunia PBB dimana itu menjadi prestasi sungguh membanggakan bagi anak muda.

Brand Activation merupakan bentuk strategi pemasaran Tokopedia BTS yang bertujuan mengenalkan produk secara umum. Jadi, ada hubungan antara produk dengan konsumen umum dimana ada banyak bentuk brand activation. Strategi ini digunakan sesuai kebutuhan berdasarkan target konsumen sehingga tepat pada sasaran.

Tokopedia sendiri lebih fokus ke promotion activation dengan menggunakan media digital seperti Instagram dan Twitter. Menggunakan grup ini sebagai brand ambassador menciptakan komunikasi antara Tokopedia dengan army. Contohnya mengikuti kuis dengan hastag khusus dan ternyata hal ini membuat antusias konsumen semakin melambung tinggi.


Gambar 3.


Demikian strategi dari brand Tokopedia, semoga bermanfaat.

 

SC : Google 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa praktik LGBT belum diatur dalam Peraturan Perundangan di Indonesia?

Sistematika Hukum Kehutanan di Indonesia